JENIS DAN FUNGSI LEMBAGA KEUANGAN BUKAN BANK, SERTA REFORMASI SEKTOR PERBANKAN DI INDONESIA


JENIS-JENIS DAN FUNGSI LEMBAGA KEUANGAN BUKAN BANK, REFORMASI SEKTOR PERBANKAN DI INDONESIA
1.      Jenis-Jenis Dan Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank
Terdapat 8 jenis lembaga keuangan bukan bank diantaranya yaitu:
1)      Perusahaan Asuransi
Adalah perusahaan yang memberikan jasa-jasa dalam penanggulangan risiko atas kerugian, kehilangan manfaat dan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga karena adanya peristiwa ketidakpastian.Secara mudah dikatakan bahwa asuransi adalah sebuah penjamin atas suatu hal yang terjadi kepada seseorang jika terjadi peristiwa yang tidak terduga yang mengakibatkan kerugian tertentu.
Dalam asurangsi terdapat dua hal yang perlu dipahami sebelum melakukan perjanjian dengan pihak asuransi, yaitu sebagai berikut.
a.       Polis asuransi yaitu surat kontrak pelaksanaan asuransi yang berupa adanya kesepakatan kedua belah pihak.
b.      Premi asuransi yaitu uang pertanggungan yang dibayar oleh tertanggung kepada penanggung
Berdasarkan penjelasan Hermansyah (2013) dalam asuransi terdapat 4 unsur, diantaranya:
1.      Pihak tertanggung (insured) yang berjanji untuk membayar uang premi kepada pihak penanggung, sekaligus atau secara berangsung-angsur.
2.      Pihak penanggung (insurer) yang berjanji akan membayar sejumlah uang (santunan) kepada pihak tertanggung, sekaligus atau secara berangsur-angsur apabila terjadi sesuatu yang mengandung unsur tak tertentu.
3.      Suatu peristiwa yang tidak terpikirkan sebelumnya.
4.      Kepentingan (interest) yang mungkin akan mengalami kerugian karena peristiwa yang tak tertentu.

2)      Tabungan Asuransi Pensiun
Adalah badan usaha yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun yang umumnya diperuntukan bagi pegawai negeri sipil yang dikelola oleh PT. TASPEN (Persero) yang mana perusahaan ini adalah salah satu jenis perusahaan yang dikelola oleh negara (BUMN).
3)      Koperasi SimpanPinjam
Adalah menghimpun dana dari masyarakat dan meminjamkan kembali kepada anggota atau masyarakat.Karena dana yang tersedia diperoleh dari himpunan  masyarakat maka untuk memperoleh pinjaman, persyaratan yang dibutuhkan untuk meminjam juga tidak sebanyak atau serumit saat seseorang melakukan pinjaman ke lembaga perbankan atau yang lainnya. Sehingga hal ini secara tidak langsung dapat mempermudah masyarakat untuk memperoleh dana guna kepentingan ekonomi mereka masing-masing.
4)      Bursa Efek atau Pasar Modal
Secara singkat bursa efek atau pasar modal adalah tempat jual beli surat-surat berharga. Di mana suatu pihak atau perusahaan yang menjual saham (stock) dan obligasi (bond) yang tujuannya apabila saham tersebut memiliki hasil yang mengutungkan maka dapat digunakan sebagai penguat modal perusahaan. Sehingga perusahaan akan dapat terus berkembang.
Dalam pasar modal dikenal dua jenis surat berharga, yaitu:
a.       Saham yaitu surat berharga yang pemiliknya merupakan pemilik perusahaan
b.      Obligasi yaitu surat berharga yang merupakan instrumen utama perusahaan dan pemiliknya bukan merupakan pemilik perusahaan
5)      Perusahaan Anjak Piutang
Anjak piutang atau yang biasa disebut dengan factoring menurut Kasmir (Irham, 2014) adalah perusahaan yang kegiatannya adalah melakukan penagihan atau pembelian, atau pengambilalihan atau pengelolaan utang piutang suatu perusahaan dengan imbalan atau pembayaran tertentu milik perusahaan. Atau secara singkatnya adalah badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk pembelian atau pengalihan dan pengurusan piutang.
Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam perusahaan anjak piutang yaitu terdiri dari kreditur (orang yang memberikan tagihannya kepada pihak anjak piutang), perusahaan anjak piutang dan debitur (nasabah yang mempunyai masalah).
6)      Perusahaan Modal Ventura
Adalah suatu pembiayaan oleh perusahaan kepada perusahaan pasangan usahanya dengan prinsip pembiayaannya penyertaan modal. Perusahaan yang menerima penyertaan modal dinamakan investee companydan yang melakukan penyertaan modal dinamakan perusahaan ventura bentuk pembiayaannya bisa obligsi dan pinjaman yang bersifat khusus dengan syarat pengembaliaan dan balas jasa yang lebih lunak.
7)      Pegadaian
Gadai merupakan kegiatan di mana seseorang memiliki hak untuk melakukan kegiatan piutang kepada sebuah lembaga atas suatu barang bergerak dari pihak yang memiliki kekuasaan atas barang tersebut kepada seorang yang melakukan kegiatan pihak piutang, atau dengan kata lain menjaminkan barang yang dimilikinya kepada pihak lain.
8)      Perusahaan Sewa Guna atau Leasing
Adalah pembelian secara angsuran, tetapi sebelum angsurannya lunas, hak barang yang diperjual belikan masih dimiliki oleh penjual. Namun begitu kontrak leasing ditanda tangani segala fasilitas dan kegunaan barang tersebut boleh digunakan oleh pembeli.
2.      Reformasi Sektor Perbankan Di Indonesia Menghadapi Revolusi 4.0
Indonesia merupakan negara yang saat ini sedang mengalami masa Revolusi 4.0 di mana pada masa ini segala bentuk teknologi dan informasi digunakan sepenuhnya untuk melakukan setiap kegiatan manusia. Pemanfaatan teknologi dan informasi ini tentunya sangat membantu dan menunjang kemudahan seseorang untuk mencapai tujuan yang diharapkannya. Termasuk dalam dunia perbankan. Pada masa revolusi 4.0 ini, aktivitas perbankan juga mengalami revolusi. Jika dibandingkan dengan pada masa sebelumnya, aktivitas perbankan pada masa ini dapat dikatakan lebih mudah dan fleksibel. Mengapa fleksibel? Karena seseorang dapat melakukan beberapa kegiatan perbankan seperti melakukan transaksi pembayaran atau yang lainnya tanpa harus datang mengunjungi bank tertentu. Dengan pemanfaatan teknologi informasi, seseorang dapat dengan mudah melakukan kegiatan perbankan dengan hanya menggunakan smartphone. Pada masa ini, sebagian besar masyarakat sudah menggunakan smartphone. Untuk memanfaatkan teknologi smartphone tersebut maka pihak bank meluncurkan sebuah aplikasi yang dapat digunakan para nasabah bank untuk melakukan kegiatan perbankan yang dikenal dengan e-banking. Dalam e-banking juga sudah diterapkan sistem keamanan sehingga proses yang dilakukan oleh para nasabah bank tersebut dapat terjaga.

Comments

Popular posts from this blog

JENIS JENIS DESAIN INTERIOR KANTOR

MENGENAL INTERIOR KANTOR

DESAIN INTERIOR KANTOR