BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN BUKAN BANK


Bank 
merupakan sebuah lembaga intermediasi keuangan yang umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai banknote. Selain pengertian menurut Undang-Undang, terdapat sebuah pemahaman mengenai bank menurut Fockema Andreae (Irham, 2014) yang mengatakan bahwa bank adalah suatu lembaga atau orang pribadi yang menjalankan perusahaan dalam menerima dan memberikan uang dari dan kepada pihak ketiga. Sedangkan lembaga keuangan bukan bank tidak berarti lembaga keuangan yang tidak melakukan kegiatan keuangan seperti halnya yang dilakukan oleh bank, hanya saja lembaga keuangan bukan bank merupakan lembaga keuangan yang memberikan jasa dalam hal keuangan tetapi bukan merupakan bank.
Untuk mempermudah pemahaman, perhatikan tabel berikut ini (Irham, 2014).
Kegiatan
Lembaga Keuangan
Bank
Bukan Bank
Penghimpun Dana
·         Secara langsung berupa simpanan dana masyarakat (tabungan; giro; deposito) dan
·         Secara tidak langsung dari masyarakat (kertas berharga; penyertaan; pinjaman/kredit dari lembaga lain)
·         Hanya secara tidak langsung dari masyarakat (terutama melalui kertas berharga; dan bisa juga dari penyertaan, pinjaman/kredit dari lembaga lain)
Penyaluran Dana
·         Untuk tujuan modal kerja, investasi, konsumsi
·         Kepada badan usaha dan individu
·         Untuk jangka pendek, menengah dan panjang
·         Terutama untuk tujuan investasi
·         Terutama kepada badan usaha
·         Terutama untuk jangka menengah dan panjang

Dalam pembahasan kali ini materi yang akan dibahas di antaranya yaitu:
1.      Pengertian Bank Sentral
Keberadaan bank sentral yang merupakan salah satu lembaga yang cukup strategis bagi perekonomian suatu negara mengalami evolusi yang cukup panjang. Menurut Nopirin (2007), bank sentral pada dasarnya mempunyai tugas untuk memelihara supaya sistem moneter itu bekerja secara efisien sehingga dapat menjamin tercapainya tingkat pertumbuhan kredit/uang beredar sesuai dengan yang diperlukan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi tanpa mengakibatkan inflasi.
Bank sentral sebagai lembaga sentral yang ditugaskan untuk mengambil kebijakan dan melakukan tindakan yang memihak pada kepentingan pemegang kedaulatan yaitu untuk mencapai dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat suatu negara atau kawasan. Bank sentral disuatu negara pada umumnya adalah sebuah instansi yang bertanggungjawab atas kebijakan moneter di wilayah negara, peran bank sentral untuk menjaga stabilitas nilai nilai mata uang, stabilitas sektor perbankan dan sistem finansial secara keseluruhan.
2.      Bank Umum
Bank umum disebut juga sebagai bank komersial karena bank umum pada dasarnya melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional yang kegiatannya memberi jasa dalam lalu lintas pembayaran. Bank umum harus mampu menarik dana masyarakat sebanyak mungkin, kemampuan menarik dana dari masayarakat ini merupakan persoalan tersendiri karena selalu berhadapan dengan biaya yang harus dikeluarkan dalam rangka penarikan dana tersebut. Jadi bank umum adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha seperti menghimpun dana dan memberikan pinjaman serta jasa lalu lintas pembayaran dalam bidang keuangan kepada masyarakat.
3.      Bank Syariah
Bank syariah merupakan bank yang pengelolaan dananya menggunakan aturan-aturan yang diterapkan dalam ajaran Islam. Sekarang ini banyak berkembangnya bank syariah, bank syariah muncul di indonesia pada awal tahun 1990-an. Dalam mencari keuntungan dan menetapkan harga berdasarkan prinsip-prinsip syariah yaitu dengan menerapkan sistem bagi hasil. Karena menerapkan sistem bagi hasil jadi pembagian keuntungannya juga tergantung pada frekuensi jual beli yang terjadi. Sementara itu penentuan untuk biaya jasa bank lainnya sesuai dengan syariah islam dan sebagai dasar hukumnya adalah Al-quran dan sunah rasul SAW.
4.      Bank Perkreditan Rakyat
Bank Perkreditan Rakyat merupakan bank yang kegiatannya menerima dana simpanan dari masyarakat, bisa berupa deposito berjangka, tabungan atau bentuk lainnya. Saat ini bank perkreditan rakyat sudah mulai dikenal banyak oleh masyarakat karena dirasa memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam bentuk pemberian dana yang akan menunjang kegiatan perekonomian masyarakat ekonomi lemah.


Comments

Popular posts from this blog

JENIS JENIS DESAIN INTERIOR KANTOR

MENGENAL INTERIOR KANTOR

DESAIN INTERIOR KANTOR